Dipublikasikan pada hari :Selasa, 01 Agustus 2017

Mengatur Control atau Input Game Pada Unity Editor

Mengatur Input Game Pada Unity Editor
Unity mendukung jenis perangkat input konvensional yang digunakan pada permainan (keyboard, joypad, dll) namun juga layar sentuh dan kemampuan penginderaan gerakan pada perangkat mobile. 


Selain itu, Unity dapat menggunakan mikrofon komputer dan webcam untuk memasukkan data audio dan video.

Untuk membuat Sumbu virtual dan tombol bisa melalui menu di Input Manager, dan selanjutnya anda bisa mengkonfigurasi masukan Keyboard dalam layar dialog konfigurasi yang menarik.

Anda bisa mengatur joystick, gamepad, keyboard, dan mouse, lalu mengaksesnya melalui tampilan scripting yang sederhana. Biasanya Anda menggunakan sumbu dan tombol untuk membuat konsol controller buatan. Namun Anda juga bisa mengakses tombol menggunakan keyboard.

Sumbu virtual (Virtual Axes)


Virtual Axes atau sumbu virtual dapat diakses dari Script sesuai dengan nama virtual axes-nya. Setiap proyek memiliki sumbu masukan default berikut saat dibuat:
  • Horizontal dan Vertikal dipetakan ke w, a, s, d dan tombol panah.
  • Fire1, Fire2, Fire3 dipetakan ke Control, Option (Alt), dan Command, masing-masing.
  • Mouse X dan Mouse Y dipetakan ke delta gerakan mouse.
  • Window Shake X dan Window Shake Y dipetakan ke pergerakan jendela. 

Menambahkan Sumbu Control/Input baru

Jika Anda ingin menambahkan sumbu virtual baru, bisa masuk ke menu Edit-> Project Settings-> Input. Di sini Anda juga bisa mengubah setting masing-masing sumbu.

Mengatur Control atau Input Game Pada Unity Editor


Property: Function:
Name Nama sumbu yang nantinya akan diakses lewat script.
Descriptive Name Nama nilai positif ditampilkan di tab masukan dialog Konfigurasi untuk membuat standalone..
Descriptive Negative Name Nama nilai negatif ditampilkan di tab masukan dialog Konfigurasi untuk membuat standalone..
Negative Button Tombol yang digunakan untuk mendorong sumbu ke arah negatif.
Positive Button Tombol yang digunakan untuk mendorong sumbu ke arah positif.
Alt Negative Button Tombol alternatif yang digunakan untuk mendorong sumbu ke arah negatif.
Alt Positive Button Tombol alternatif yang digunakan untuk mendorong sumbu ke arah positif.
Gravity Kecepatan dalam satuan per detik agar poros jatuh ke arah netral saat tidak ada tombol yang ditekan..
Dead Ukuran zona mati analog. Semua nilai perangkat analog dalam peta hasil rentang ini menjadi netral.
Sensitivity Kecepatan dalam satuan per detik agar sumbu akan bergerak menuju nilai target. Ini untuk perangkat digital saja.
Snap Jika diaktifkan, nilai sumbu akan diatur ulang ke nol saat menekan tombol dari arah yang berlawanan.
Invert Jika di-enable-kan, Tombol Negatif akan menunjukkan nilai positif, dan sebaliknya.
Type Jenis input yang akan mengontrol sumbu ini.
Axis Sumbu perangkat yang terhubung akan mengendalikan poros ini.
Joy Num Konektivitas joystick yang akan mengendalikan poros ini.


sdfdfdsf

Unity Technologies

Games & Application

Unity 2017.1 introduces new tools that help artists & designers tell better visual stories, new ways for teams to collaborate more productively, and more features than ever to help you succeed in the gaming industry.

Panduan Unity

  • Game Play 2D
  • Referensi Phisic 2D

Belum sampai,,sini,,sabar yah.

Sering Dibaca

Copyrights © Panduan Unity Bahasa Indonesia - 2017