Unity mendukung jenis perangkat input konvensional yang digunakan pada permainan (keyboard, joypad, dll) namun juga layar sentuh dan kemampuan penginderaan gerakan pada perangkat mobile.
Selain itu, Unity dapat menggunakan mikrofon komputer dan webcam untuk memasukkan data audio dan video.
Untuk membuat Sumbu virtual dan tombol bisa melalui menu di Input Manager, dan selanjutnya anda bisa mengkonfigurasi masukan Keyboard dalam layar dialog konfigurasi yang menarik.
Anda bisa mengatur joystick, gamepad, keyboard, dan mouse, lalu mengaksesnya melalui tampilan scripting yang sederhana. Biasanya Anda menggunakan sumbu dan tombol untuk membuat konsol controller buatan. Namun Anda juga bisa mengakses tombol menggunakan keyboard.
Virtual Axes atau sumbu virtual dapat diakses dari Script sesuai dengan nama virtual axes-nya. Setiap proyek memiliki sumbu masukan default berikut saat dibuat:
Sumbu virtual (Virtual Axes)
Virtual Axes atau sumbu virtual dapat diakses dari Script sesuai dengan nama virtual axes-nya. Setiap proyek memiliki sumbu masukan default berikut saat dibuat:
- Horizontal dan Vertikal dipetakan ke w, a, s, d dan tombol panah.
- Fire1, Fire2, Fire3 dipetakan ke Control, Option (Alt), dan Command, masing-masing.
- Mouse X dan Mouse Y dipetakan ke delta gerakan mouse.
- Window Shake X dan Window Shake Y dipetakan ke pergerakan jendela.
Menambahkan Sumbu Control/Input baru
Jika Anda ingin menambahkan sumbu virtual baru, bisa masuk ke menu Edit-> Project Settings-> Input. Di sini Anda juga bisa mengubah setting masing-masing sumbu.Property: | Function: |
---|---|
Name | Nama sumbu yang nantinya akan diakses lewat script. |
Descriptive Name | Nama nilai positif ditampilkan di tab masukan dialog Konfigurasi untuk membuat standalone.. |
Descriptive Negative Name | Nama nilai negatif ditampilkan di tab masukan dialog Konfigurasi untuk membuat standalone.. |
Negative Button | Tombol yang digunakan untuk mendorong sumbu ke arah negatif. |
Positive Button | Tombol yang digunakan untuk mendorong sumbu ke arah positif. |
Alt Negative Button | Tombol alternatif yang digunakan untuk mendorong sumbu ke arah negatif. |
Alt Positive Button | Tombol alternatif yang digunakan untuk mendorong sumbu ke arah positif. |
Gravity | Kecepatan dalam satuan per detik agar poros jatuh ke arah netral saat tidak ada tombol yang ditekan.. |
Dead | Ukuran zona mati analog. Semua nilai perangkat analog dalam peta hasil rentang ini menjadi netral. |
Sensitivity | Kecepatan dalam satuan per detik agar sumbu akan bergerak menuju nilai target. Ini untuk perangkat digital saja. |
Snap | Jika diaktifkan, nilai sumbu akan diatur ulang ke nol saat menekan tombol dari arah yang berlawanan. |
Invert | Jika di-enable-kan, Tombol Negatif akan menunjukkan nilai positif, dan sebaliknya. |
Type | Jenis input yang akan mengontrol sumbu ini. |
Axis | Sumbu perangkat yang terhubung akan mengendalikan poros ini. |
Joy Num | Konektivitas joystick yang akan mengendalikan poros ini. |
sdfdfdsf