Unity editor memberikan kemudahan para perancang game untuk membuat game. Unity membantu anda untuk membuat game tanpa memerlukan pengalaman bertahun-tahun dengan kode atau gelar dalam bidang seni hanya untuk membuat permainan yang menyenangkan.
Ada beberapa konsep dasar yang dibutuhkan untuk belajar Unity. Jika sudah paham alurnya, maka anda akan membuat game dengan waktu yang singkat. Dengan begitu akan memiliki lebih banyak waktu untuk memperbaiki, menyeimbangkan, dan men-tweak permainan Anda dengan sempurna.
Bagian ini akan menjelaskan konsep inti yang perlu Anda ketahui untuk menciptakan gameplay yang unik, menakjubkan, dan menyenangkan. Sebagian besar konsep ini mengharuskan Anda menulis Skrip. Untuk ikhtisar pembuatan dan pembuatan Skrip.
Bagian ini akan menjelaskan konsep inti yang perlu Anda ketahui untuk menciptakan gameplay yang unik, menakjubkan, dan menyenangkan. Sebagian besar konsep ini mengharuskan Anda menulis Skrip. Untuk ikhtisar pembuatan dan pembuatan Skrip.
Scenes Pada Unity
Scenes merupakan area yang berisi objek permainan Anda. Objek game bisa anda atur untuk membuat menu utama, level individu, dan hal lainnya. Pikirkan masing-masing file Scene unik sebagai level yang unik. Di setiap Scene, Anda bisa menentukan desain, rintangan, dan dekorasi Anda, di mana anda merancang dan membangun permainan Anda dalam bentuk kepingan.Saat Anda membuat proyek baru di Unity Editor, tampilan Scene secara default akan tampak seperti gambar di atas. Area adegan akan kosong kecuali benda-benda defult - baik kamera ortografi, atau kamera perspektif dan lampu arah, tergantung Anda memulai proyek dalam mode 2D atau 3D.
Objek Game Pada Unity
Setiap objek dalam game pada Unity Editor disebut GameObject, Oleh karena itu, semua yang Anda pikirkan harus menjadi GameObject untuk dapat diwujudkan pada Unity. Namun, GameObject tidak dapat melakukan apapun dengan sendirinya; Anda perlu memberikannya properti sebelum bisa menjadi karakter, lingkungan, atau efek khusus.GameObject adalah wadah; Anda menambahkan potongan/kepingan ke wadah GameObject untuk membuatnya menjadi karakter, cahaya, pohon, suara, atau apapun yang Anda inginkan. Setiap bagian/potongan/kepingan yang Anda tambahkan disebut komponen.
Bergantung pada jenis objek yang ingin Anda buat, Anda menambahkan kombinasi komponen yang berbeda ke GameObject.
Kita ibaratkan anda akan membuat masakan, maka GameObject adalah panci kosong, dan komponen sebagai bahan yang berbeda yang membentuk resep permainan/gameplay Anda. Unity memiliki banyak tipe komponen built-in yang berbeda, dan Anda juga dapat membuat komponen Anda sendiri menggunakan API Scripting Unity.
GameObjects adalah objek mendasar dalam Unity Editor yang mewakili karakter, alat peraga dan pemandangan.
Komponen Pada Unity Editor
Komponen bisa kita ibaratkan mur dan baut objek dan perilaku dalam permainan dan merupakan potongan fungsional dari setiap GameObject.Secara default, semua GameObject secara otomatis memiliki Transform Component. Ini karena Transform menentukan di mana GameObject berada, dan bagaimana rotasinya dan diskalakan.
Tanpa Transform, GameObject tidak akan memiliki lokasi di dunia. Coba buat GameObject kosong sekarang sebagai contoh. Klik item menu GameObject-> Create Empty. Pilih GameObject baru, dan lihat Inspector.
Menambahkan Komponen
Anda dapat menambahkan komponen ke GameObject yang dipilih melalui menu Components. Sebagai contoh jika kita ingin menambahkan sebuah komponen Rigidbody ke GameObject kosong yang baru kita buat. Pilih dan pilih Component-> Physics-> Rigidbody dari menu.Jika Rigidbody sudah ditambahkan, Anda akan melihat properti Rigidbody muncul di Inspector. Jika Anda menekan Mainkan saat GameObject kosong masih dipilih, Anda mungkin akan sedikit terkejut. Cobalah dan perhatikan bagaimana Rigidbody menambahkan fungsionalitas ke GameObject yang kosong. (Posisi Y dari Transform GameObject mulai berkurang. Ini karena mesin Physics/fisika di Unity menyebabkan GameObject jatuh di bawah gravitasi.)
Cara lainnya untuk menambahkan komponen bisa dengan menggunakan Component Browser, yang bisa diaktifkan dengan tombol Add Component di inspektur objek.
Browser memungkinkan Anda menavigasi komponen dengan mudah berdasarkan kategori dan juga memiliki kotak pencarian yang dapat Anda gunakan untuk menemukan komponen berdasarkan nama.
Mengedit Komponen
Salah satu kelebihan Komponen adalah fleksibilitas. Jadi ketika Anda menambahkan Komponen ke GameObject, ada beberapa nilai atau Properti yang berbeda di Komponen yang dapat disesuaikan di editor saat membuat game, atau skrip saat menjalankan permainan. Ada dua tipe utama Properties: Values and References.Lihatlah gambar di bawah ini. Ini adalah GameObject kosong dengan Audio Source Component. Semua nilai Sumber Audio di Inspektur adalah nilai default.
Komponen ini berisi properti Referensi tunggal, dan tujuh properti Nilai. Klip Audio adalah properti Referensi. Saat Sumber Audio ini mulai diputar, akan mencoba memainkan file audio yang dirujuk di properti Klip Audio. Jika tidak ada referensi yang dibuat, kesalahan akan terjadi karena tidak ada audio yang akan dimainkan. Anda harus mereferensi file di dalam Inspektur.
Transform
Transform menentukan Posisi, Rotasi, dan Skala masing-masing objek di tempat kejadian. Setiap GameObject memiliki Transform.Menonaktifkan GameObject
GameObject dapat dihapus sementara dari scene view dengan memberi tanda centang tidak aktif. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan properti ActiveSelf-nya dari sebuah skrip atau dengan kotak centang aktivasi di inspector.Ketika objek induk dinonaktifkan, penonaktifan juga menimpa pengaturan ActiveSelf pada semua objek sub objeknya, sehingga keseluruhan hirarki dari parent menjadi tidak aktif.
Prefabs
Agar pembuatan atau penyusunan GameObject lebih mudah maka perlu menambahkan komponen dan mengatur properti mereka ke nilai yang sesuai. Namun hal itu sering menimbulkan masalah, namun bila Anda memiliki objek seperti NPC, prop atau potongan pemandangan yang digunakan kembali di tempat kejadian beberapa kali. Cukup menyalin objek dan menghasilkan duplikat tapi semuanya bisa diedit secara independen.Umumnya, Anda ingin semua contoh objek tertentu memiliki properti yang sama, jadi saat Anda mengedit satu objek di tempat kejadian, Anda lebih memilih untuk tidak membuat pengeditan yang sama berulang-ulang ke semua salinan.
Untungnya, Unity memiliki tipe aset Prefab yang memungkinkan Anda menyimpan objek GameObject lengkap dengan komponen dan propertinya. Prefiks berfungsi sebagai template tempat Anda dapat membuat contoh objek baru di tempat kejadian. Pengeditan apa pun yang dilakukan pada aset cetakan segera tercermin dalam semua hal yang dihasilkan darinya namun Anda juga dapat mengganti komponen dan setelan untuk masing-masing contoh secara terpisah.
Anda bisa membuat prefab dengan memilih Asset> Create Prefab dan kemudian menyeret objek dari tempat kejadian ke aset prefab "kosong" yang muncul. Jika Anda kemudian menyeret GameObject yang berbeda ke dalam prefab Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengganti gameobject Anda saat ini dengan yang baru.
Cukup menyeret aset prefab dari tampilan proyek ke tampilan pemandangan kemudian akan membuat contoh dari prefab. Objek yang dibuat sebagai contoh cetakan akan ditampilkan dalam tampilan hirarki dengan teks biru.
Tentu saja, sebaiknya Anda menyimpannya secara teratur, dan menggunakan Version Control System (VCS) untuk menjaga perubahan tambahan pada pekerjaan Anda, dan memungkinkan Anda untuk mencoba dan mengembalikan perubahan tanpa membahayakan kerugian pada pekerjaan Anda.
Menyimpan Game
Unity memberikan banyak jenis informasi tentang proyek Anda, dan beberapa di antaranya disimpan dengan cara yang berbeda kepada. Ini berarti bahwa ketika pekerjaan Anda disimpan tergantung pada jenis perubahan yang Anda buat.Tentu saja, sebaiknya Anda menyimpannya secara teratur, dan menggunakan Version Control System (VCS) untuk menjaga perubahan tambahan pada pekerjaan Anda, dan memungkinkan Anda untuk mencoba dan mengembalikan perubahan tanpa membahayakan kerugian pada pekerjaan Anda.