Scene View adalah tampilan interaktif untuk melihat hasil dari game yang anda buat. Anda akan menggunakan Scene View untuk memilih dan memposisikan pemandangan, karakter, kamera, lampu, dan semua jenis Objek Game lainnya.
Melalui Scene View anda bisa Memilih, memanipulasi dan memodifikasi objek. Pada Scene View terdapat beberapa fungsi atau kegunaan yang harus Anda pelajari pada saat mulai membuat game di Unity Editor.
Navigasi Scene View
Scene View memiliki seperangkat navigasi untuk mengontrol game yang anda buat dan membantu Anda melihat-lihat tampilannya dengan cepat dan efisien.Scene Gizmo
Scene Gizmo terletak di pojok kanan atas pada Scene View. Scene Gizmo berguna untuk menampilkan orientasi kamera saat ini pada Scene View, dan memungkinkan Anda memodifikasi sudut pandang dan mode proyeksi dengan cepat.Pada tiap sisi Scene Gizmo terdapat lengan berbentuk kerucut. Lengan di garis depan diberi label X, Y dan Z. Klik pada salah satu lengan sumbu berbentuk kerucut untuk memotret Scene View Camera ke sumbu yang dilambangkan (misalnya: tampilan atas, tampilan kiri dan tampilan depan).
Anda juga bisa klik kanan kubus untuk membuka menu dengan daftar sudut pandang. Untuk kembali ke sudut pandang standar, klik kanan Scene Gizmo dan klik Free.
Anda juga bisa mengaktifkan dan mematikan Perspektif. Ini mengubah mode proyeksi Scene View antara Perspektif dan Orthographic (kadang-kadang disebut 'isometrik'). Untuk melakukan ini, klik kubus di tengah Scene Gizmo, atau teks di bawahnya. Tampilan orthographic tidak memiliki perspektif, dan berguna dalam kombinasi dengan mengklik salah satu lengan sumbu berbentuk kerucut untuk mendapatkan elevasi depan, atas atau samping.
![]() |
Gambar sebelah kiri tampilan dengan Mode Perspective, dan gambar sebelah kanan tampilan dengan Mode Orthographic |
![]() |
Gambar dengan tampilan Mode Orthographic, tampak dari atas dan depan |
Jika Scene View Anda berada dalam sudut pandang yang canggung (terbalik, atau hanya sudut yang Anda anggap membingungkan), Shift-klik kubus di pusat Scene Gizmo untuk kembali ke pandangan Perspektif dengan sudut yang melihat Adegan dari samping dan sedikit dari atas.
Klik pada gembok di kanan atas Scene Gizmo untuk mengaktifkan atau menonaktifkan rotasi Scene. Sekali rotasi Scene dinonaktifkan, klik kanan mouse menekan tampilan alih-alih memutarnya. Ini sama dengan alat Tangan (lihat Hand tool, di bawah).
Perhatikan bahwa dalam Mode 2D Scene Gizmo tidak ditampilkan, karena satu-satunya pilihan adalah memiliki tampilan yang tampak tegak lurus pada bidang XY.