Dipublikasikan pada hari :Minggu, 30 Juli 2017

Mengenal Tabulasi Scene View Pada Unity Editor

Scene View adalah tampilan interaktif untuk melihat hasil dari game yang anda buat. Anda akan menggunakan Scene View untuk memilih dan memposisikan pemandangan, karakter, kamera, lampu, dan semua jenis Objek Game lainnya. 


Melalui Scene View anda bisa Memilih, memanipulasi dan memodifikasi objek. Pada Scene View terdapat beberapa fungsi atau kegunaan yang harus Anda pelajari pada saat mulai  membuat game di Unity Editor.

Navigasi Scene View

Scene View memiliki seperangkat navigasi untuk mengontrol game yang anda buat dan membantu Anda melihat-lihat tampilannya dengan cepat dan efisien.

Scene Gizmo

Scene Gizmo terletak di pojok kanan atas pada Scene View.  Scene Gizmo berguna untuk menampilkan orientasi kamera saat ini pada Scene View, dan memungkinkan Anda memodifikasi sudut pandang dan mode proyeksi dengan cepat.

Mengenal Tabulasi Scene View Pada Unity Editor
Pada tiap sisi Scene Gizmo terdapat lengan berbentuk kerucut. Lengan di garis depan diberi label X, Y dan Z. Klik pada salah satu lengan sumbu berbentuk kerucut untuk memotret Scene View Camera ke sumbu yang dilambangkan (misalnya: tampilan atas, tampilan kiri dan tampilan depan).

Anda juga bisa klik kanan kubus untuk membuka menu dengan daftar sudut pandang. Untuk kembali ke sudut pandang standar, klik kanan Scene Gizmo dan klik Free.

Anda juga bisa mengaktifkan dan mematikan Perspektif. Ini mengubah mode proyeksi Scene View antara Perspektif dan Orthographic (kadang-kadang disebut 'isometrik'). Untuk melakukan ini, klik kubus di tengah Scene Gizmo, atau teks di bawahnya. Tampilan orthographic tidak memiliki perspektif, dan berguna dalam kombinasi dengan mengklik salah satu lengan sumbu berbentuk kerucut untuk mendapatkan elevasi depan, atas atau samping.

Mengenal Tabulasi Scene View Pada Unity Editor
Gambar sebelah kiri tampilan dengan Mode Perspective, dan gambar sebelah kanan tampilan dengan Mode Orthographic

Mengenal Tabulasi Scene View Pada Unity Editor
Gambar dengan tampilan Mode Orthographic, tampak dari atas dan depan

Jika Scene View Anda berada dalam sudut pandang yang canggung (terbalik, atau hanya sudut yang Anda anggap membingungkan), Shift-klik kubus di pusat Scene Gizmo untuk kembali ke pandangan Perspektif dengan sudut yang melihat Adegan dari samping dan sedikit dari atas.

Klik pada gembok di kanan atas Scene Gizmo untuk mengaktifkan atau menonaktifkan rotasi Scene. Sekali rotasi Scene dinonaktifkan, klik kanan mouse menekan tampilan alih-alih memutarnya. Ini sama dengan alat Tangan (lihat Hand tool, di bawah).

Perhatikan bahwa dalam Mode 2D Scene Gizmo tidak ditampilkan, karena satu-satunya pilihan adalah memiliki tampilan yang tampak tegak lurus pada bidang XY.

Unity Technologies

Games & Application

Unity 2017.1 introduces new tools that help artists & designers tell better visual stories, new ways for teams to collaborate more productively, and more features than ever to help you succeed in the gaming industry.

Panduan Unity

  • Game Play 2D
  • Referensi Phisic 2D

Belum sampai,,sini,,sabar yah.

Sering Dibaca

Copyrights © Panduan Unity Bahasa Indonesia - 2017