Dipublikasikan pada hari :Minggu, 23 Juli 2017

Cara Kerja atau Alur Menggunakan Assets Pada Unity Editor

Langkah-langkah ini akan memberi Anda gambaran umum tentang prinsip dasar bekerja dengan aset di Unity Editor.


Apa itu Assets?

Aset bisa disebut juga sebagai wujud atau representasi dari item apa pun yang dapat digunakan dalam permainan atau proyek Anda.  Aset mungkin berasal dari file yang dibuat di luar Unity Editor, seperti model 3D, file audio, gambar, atau jenis file lain yang didukung Unity. Namun anda juga bisa membuat asset dengan Unity Editor, seperti Animator Controler, Audio Mixer atau Tekstur Render.
Cara Kerja atau Alur Menggunakan Assets Pada Unity Editor


Objek Primitive dan Placeholder

Dengan Unity anda bisa membuat proyek baik game ataupun aplikasi dengan model 3D dari bentuk apapun yang bisa dibuat dengan Modeling Software. Namun, ada juga sejumlah tipe objek primitif yang bisa diciptakan langsung di dalam Unity, yaitu Cube, Sphere, Capsule, Cylinder, Plane dan Quad.

Objek tersebut bisa digunakan sesuai fungsinya (Plane biasanya digunakan sebagai permukaan tanah datar, misalnya) tetapi juga menawarkan cara cepat untuk membuat placeholder dan prototip untuk tujuan pengujian. 

Untuk menambahkan objek primitif / bawaan pada Unity Editor ke area kerja dengan menggunakan item yang sesuai, tinggal impor melalui menu GameObject> 3D Object.

Cube

Cara Kerja atau Alur Menggunakan Assets Pada Unity Editor

Gambar di atas adalah bentuk kubus sederhana dengan sisi satu unit panjang. Jika masih dalam bentuk standar kubus seperti itu, tentu anda masih belum melihat fungsi yang tepat untuk sebuah game.

Untuk memberikan bentuk sesuai yang anda butuhkan, anda bisa mengatur skala kubus melalui window/jendela inspector, atur nilai (angka) skala pada x dan z dan perhatikan perubahan yang terjadi.

Objek kubus ini bisa anda gunakan sebagai bahan untuk membuat model ketika digabungkan dengan jenis objek lainnya, sehingga membentuk model 3D seperti ruangan, jalan raya, objek mobil dan lainnya.

Meski kubus belum menjadi game, tidak apa-apa sebagai objek representatif sederhana untuk menguji kode kontrol mobil misalnya. Karena tepi sebuah kubus adalah satu unit panjangnya, Anda dapat memeriksa proporsi mesh yang diimpor ke tempat kejadian dengan menambahkan sebuah kubus di dekat dan membandingkan ukurannya.

Sphere

Cara Kerja atau Alur Menggunakan Assets Pada Unity Editor

Sphere berbentuk bulat seperti bola, dengan diameter unit (yaitu, radius 0,5 unit), Sphere sangat cocok  untuk membuat bola, planet dan proyektil, namun bola dengan bentuk semi transparan. Sphere juga bisa menjadikan perangkat GUI tampak lebih bagus jika Sphere digunakan sebagai radius efek.

Capsule

Cara Kerja atau Alur Menggunakan Assets Pada Unity Editor

Objek capsule merupakan objek yang berbentuk silinder dengan tutup hemispherical di ujungnya. Capsule juga terdiri dari diameter dan dua unit tinggi (bodi adalah satu unit dan kedua tutupnya masing-masing setengah unit).

Meskipun tidak banyak objek dunia nyata yang bentuknya mirip dengan Capsule namun bisa digunakan untuk membuat prototip.

Cylinder

Cara Kerja atau Alur Menggunakan Assets Pada Unity Editor

Objek Cylinder bisa anda gunakan ketika anda ingin membuat model seperti tiang penyangga bangunan. Silinder juga bisa digunakan untuk membuat sebuah batang dan roda tapi Anda harus memperhatikan bahwa bentuk collider sebenarnya adalah kapsul (tidak ada collider silinder primitif di Unity). Anda harus membuat jaring dari bentuk yang sesuai dalam program pemodelan dan memasang collider mesh jika Anda memerlukan kolektor silindris yang akurat untuk tujuan fisika.

Plane

Cara Kerja atau Alur Menggunakan Assets Pada Unity Editor

Plane berbentuk persegi datar dengan tepi sepuluh unit yang berorientasi panjang di bidang XZ dari ruang koordinat lokal. Plane berguna untuk membentuk jenis permukaan datar, seperti lantai dan dinding. Permukaan juga dibutuhkan terkadang untuk menampilkan gambar atau film di GUI dan efek khusus. Meski Plane bisa digunakan untuk hal-hal seperti ini, namun objek Quad yang sederhana seringkali lebih sesuai.

Quad

Cara Kerja atau Alur Menggunakan Assets Pada Unity Editor

Quad menyerupai bidang namun ujungnya hanya satu unit panjang dan permukaannya berorientasi pada bidang XY dari ruang koordinat lokal. Selain itu, quad dibagi menjadi dua segitiga sedangkan bidangnya berisi dua ratus. Sebuah quad berguna dalam kasus di mana objek adegan harus digunakan hanya sebagai tampilan layar untuk gambar atau film. Tampilan GUI dan informasi yang sederhana dapat diimplementasikan dengan sisi depan, seperti juga partikel, sprite dan gambar "impostor" yang menggantikan benda padat yang dilihat dari kejauhan.

Cara Mengimpor Assets

Jika anda membutuhkan assets yang tidak ada pada bawaan Unitye Editor. Anda bisa mengimpor Aset yang dibuat di luar Unity dengan cara menyimpan secara langsung ke folder "Aset" proyek Anda, atau disalin ke dalam folder itu. Secara umum, Anda dapat menyimpan file sumber Anda langsung ke folder Aset proyek Anda dan Unity Editor akan langsung membacanya. Unity Editor akan melihat saat Anda menyimpan perubahan baru pada file dan akan mengimpornya.

Saat membuat Proyek baru, Anda membuat folder - dinamai sesuai proyek Anda - yang berisi subfolder berikut:

Folder Assets digunakan untuk menyimpan atau menyalin file yang ingin Anda gunakan dalam proyek Anda.

Pada Jendela Proyek (Project Window) menampilkan item dalam folder Assets Anda. Jadi jika Anda menyimpan atau menyalin file ke folder Assets Anda, bisa anda lihat melalui Jendela Proyek Anda.

Cara Kerja atau Alur Menggunakan Assets Pada Unity Editor

Item yang telihat pada jendela proyek Unity, sama dengan file yang ada pada foldel explorer OS anda. Jika anda menghapus file/item melalui folder di Explorer, maka pada tampilan Jendela Project juga akan hilang.
Cara Kerja atau Alur Menggunakan Assets Pada Unity Editor

Tipe atau Jenis Assets

Ada beberapa jenis aset yang bisa digunakan pada Unity Editor.

Berkas Gambar

Jenis-jenis file gambar bisa anda gunakan adalah BMP, TIF, TGA, JPG, dan PSD. Jika Anda menyimpan file Photoshop (.psd) Anda pada folder Aset, maka akan diimpor sebagai gambar yang rata. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang Cara Mengimpor gambar dengan saluran alfa dari photoshop, atau Mengimpor gambar Anda sebagai sprite

File Model 3D

Jika hendak menyimpan file 3D, anda sebaiknya menggunakannya dalam format aslinya (misalnya, .max, .blend, .mb, .ma) ke dalam folder Aset Anda. mereka akan diimpor dengan menghubungi plugin transport FBX paket 3D Anda. (*). Sebagai alternatif, Anda dapat mengekspor sebagai FBX dari aplikasi 3D Anda ke dalam proyek Unity Anda. Baca lebih lanjut tentang Mengimpor file 3D dari aplikasi 3D Anda.

Meshes & Animasi

Apapun paket 3D yang Anda gunakan, Unity akan mengimpor Meshes dan animasi dari setiap file. Untuk daftar aplikasi yang didukung oleh Unity, akan dibahas pada panduan berikutnya.

File Audio

Jika Anda menyimpan file audio terkompresi ke dalam folder Aset Anda, maka akan diimpor sesuai dengan pengaturan kompresi yang ditentukan.

Jenis Aset Lainnya

Proses impor membaca file sumber Anda, dan membuat representasi aset siap-siap dari game Anda secara internal, sesuai dengan pengaturan impor yang Anda pilih. Jika Anda mengubah setelan impor untuk aset, atau membuat perubahan ke file sumber di folder Aset, akan menyebabkan Unity mengimpor kembali aset tersebut kembali untuk mencerminkan perubahan baru Anda.

Mengenal Interface Unity Editor --------------- Cara Import Asset

Unity Technologies

Games & Application

Unity 2017.1 introduces new tools that help artists & designers tell better visual stories, new ways for teams to collaborate more productively, and more features than ever to help you succeed in the gaming industry.

Panduan Unity

  • Game Play 2D
  • Referensi Phisic 2D

Belum sampai,,sini,,sabar yah.

Sering Dibaca

Copyrights © Panduan Unity Bahasa Indonesia - 2017