Dipublikasikan pada hari :Senin, 31 Juli 2017

Cara Mengatur dan Memposisikan Objek Game Pada Unity Editor

Untuk mengatur dan memposisikan objek game pada unity editor, klik di Scene view atau klik nama objek di jendela Hierarchy. Untuk memilih atau menonaktifkan beberapa objek game, tahan tombol Shift saat mengklik, atau tarik persegi panjang di sekitar beberapa objek game untuk memilihnya.

Objek game terpilih akan disorot dalam tampilan Scene dengan warna orange. Untuk mengubah warna dan gaya sorot, masuk ke Unity> Preferences> Color dan edit warna wireframe terpilih dan warna Seleted Outline. Objek game yang dipilih juga menampilkan Gizmo di tampilan Scene jika Anda memiliki salah satu dari empat alat Transform yang dipilih:

Move, Rotate, Scale, and RectTransform

Cara Mengatur dan Memposisikan Objek Game Pada Unity Editor

Gunakan ke-empat alat Transform di bilah alat untuk Memindahkan, Memutar, Skala, atau Mengubah. Masing-masing memiliki Gizmo yang sesuai yang muncul di sekitar Objek game yang dipilih di tampilan Scene. Untuk mengubah komponen Transform dari Objek game, gunakan mouse untuk memanipulasi sumbu Gizmo, atau ketik nilai secara langsung ke bidang nomor komponen Transform di Inspektur.

Sebagai alternatif, Anda dapat memilih masing-masing dari empat mode Transform dengan hotkey: W untuk Move, E untuk Rotate, R untuk Scale dan T untuk RectTransform.
Cara Mengatur dan Memposisikan Objek Game Pada Unity Editor

Move / Pindah

Di tengah Move Gizmo, ada tiga kotak kecil yang bisa Anda gunakan untuk menyeret Objek game dalam satu bidang (artinya Anda bisa memindahkan dua sumbu sekaligus sementara yang ketiga tetap diam). Jika Anda memiliki mouse tiga tombol, klik tombol tengah mouse dan seret untuk mengatur sumbu yang baru saja dipindahkan (panah untuk sumbu ini akan berubah menjadi kuning).

Jika Anda memegang shift sambil mengklik dan menyeret di tengah Move Gizmo, pusat perubahan Gizmo ke kotak datar. Kotak datar menunjukkan bahwa Anda dapat memindahkan Objek game di sekitar Plane secara relatif ke arah pemandangan yang menghadap Kamera.

Rotate / Memutar

Dengan alat Rotate yang dipilih, ubah rotasi Objek game dengan mengklik dan menyeret sumbu dari wireframe sphere Gizmo yang muncul disekitarnya. Seperti Move Gizmo, sumbu terakhir yang Anda ganti akan berwarna kuning; Untuk menyesuaikan lebih lanjut dengan cara mengklik tombol tengah mouse dan menyeretnya.

Perhatikan lingkaran merah, hijau dan biru saat melakukan rotasi di sekitar sumbu merah, hijau dan biru yang muncul dalam mode Move (merah adalah sumbu x, hijau pada sumbu y, dan biru adalah sumbu z). Akhirnya, gunakan lingkaran terluar untuk memutar GameObject di sekitar sumbu tampilan Scene z. Anggap ini seperti berputar di ruang layar.

Skala

Alat Skala memungkinkan Anda mengatur ulang secara merata pada semua sumbu sekaligus dengan mengeklik dan menyeret pada kubus di pusat Gizmo. Anda juga bisa mengukur titik axis secara terpisah, tapi Anda harus berhati-hati jika menerapkannya ke anak/sub objek game, karena efeknya bisa terlihat cukup aneh. Sekali lagi, sumbu terakhir berubah muncul dalam warna kuning dan bisa disesuaikan dengan menyeret dengan tombol tengah mouse.

RectTransform

RectTransform biasanya digunakan untuk memposisikan elemen 2D seperti elemen Sprite atau UI, namun juga berguna untuk memanipulasi Objek game 3D. Selain itu juga menggabungkan perpindahan, penskalaan dan rotasi ke satu Gizmo:
  • Klik dan seret dalam Gizmo segi empat untuk memindahkan GameObject.
  • Klik dan seret sudut atau tepi Gizmo segi empat untuk menskalakan GameObject.
  • Tarik tepi untuk menskalakan GameObject di sepanjang satu sumbu.
  • Seret sudut untuk menskalakan GameObject dengan dua sumbu.
  • Untuk memutar GameObject, posisikan kursor Anda tepat di luar sudut persegi panjang. Kursor berubah untuk menampilkan ikon rotasi. Klik dan seret dari area ini untuk memutar GameObject. 
Perhatikan bahwa dalam mode 2D, Anda tidak dapat mengubah sumbu z pada Scene menggunakan Gizmos. Namun, teknik ini berguna untuk teknik skrip tertentu untuk menggunakan sumbu z untuk tujuan lain, jadi Anda tetap dapat mengatur sumbu z menggunakan komponen Transform di Inspektur.

Unity Technologies

Games & Application

Unity 2017.1 introduces new tools that help artists & designers tell better visual stories, new ways for teams to collaborate more productively, and more features than ever to help you succeed in the gaming industry.

Panduan Unity

  • Game Play 2D
  • Referensi Phisic 2D

Belum sampai,,sini,,sabar yah.

Sering Dibaca

Copyrights © Panduan Unity Bahasa Indonesia - 2017