Sebelum lebih jauh mempelajari cara menggunakan Unity Editor, ada baiknya jika anda meluangkan waktu untuk melihat-lihat antarmuka atau interface dari Unity Editor dan membiasakan diri agar lebih familiar. Jendela editor utama terdiri dari jendela tab yang dapat diatur ulang, dikelompokkan, detatched dan merapat.
Jadi ketika anda melihat tutorial baik yang video atau tulisan, jangan bingung ketika menemukan tampilan dari editornya berbeda dengan tampilan editor yang anda punya. Tampilan editor juga bisa berbeda dari satu proyek ke proyek lainnya, dan satu pengembang ke pengembang yang lain, tergantung pada preferensi pribadi dan jenis pekerjaan yang Anda lakukan.
Pengaturan default jendela memberi akses yang praktis ke jendela yang paling umum. Jika Anda belum terbiasa dengan jendela yang berbeda di Unity, Anda bisa mengidentifikasinya dengan nama di tab. Jendela yang paling umum dan berguna ditampilkan pada posisi default, di bawah ini contoh tampilan dari Unity Editor:
Pengaturan default jendela memberi akses yang praktis ke jendela yang paling umum. Jika Anda belum terbiasa dengan jendela yang berbeda di Unity, Anda bisa mengidentifikasinya dengan nama di tab. Jendela yang paling umum dan berguna ditampilkan pada posisi default, di bawah ini contoh tampilan dari Unity Editor:
Jendela Project
Pada saat anda membuat sebuah project, Jendela Proyek akan menampilkan daftar aset yang tersedia untuk digunakan dalam proyek Anda. Bila Anda mengimpor aset ke dalam proyek Anda, semuanya akan muncul di sini. Cari tahu lebih lanjut tentang Jendela Proyek.
Jendela Scene View
Jendela Scene View memudahkan Anda ketika menavigasi dan mengedit tampilan proyek Anda secara visual. Tampilan pemandangan bisa dalam bentuk perspektif 3D atau 2D, tergantung pada jenis proyek yang sedang Anda pilih. Cari tahu lebih lanjut tentang Scene View dan Game View.
Jendela Hierarchy
Jendela Hierarchy merupakan rekaman atau representasi teks hirarkis dari setiap objek yang telah anda lakukan. Setiap item dimasukkan dalam hierarki, sehingga kedua jendela tersebut secara inheren terhubung. Hirarki mengungkapkan struktur bagaimana objek saling melekat satu sama lain. Cari tahu lebih lanjut tentang Jendela Hirarki.
Jendela Inspector
Jendela Inspektur bisa anda gunakan untuk melihat dan mengedit semua properti dari objek dengan cara memilih terlebih dahulu objek yang ingin diedit propertinya. Karena berbagai jenis objek memiliki rangkaian properti yang berbeda, tata letak dan isi jendela inspektur akan bervariasi. Cari tahu lebih lanjut tentang Jendela Inspektur.
Toolbar
Toolbar mempunyai fungsi yang terbilang penting dalam membuat proyek menggunakan Unity Editor. Di sebelah kiri itu berisi alat dasar untuk memanipulasi pemandangan dan benda-benda di dalamnya. Di tengah adalah kontrol putar, jeda dan langkah. Tombol di sebelah kanan memberi Anda akses ke Layanan Unity Cloud dan Akun Unity Anda, diikuti oleh menu visibilitas lapisan, dan akhirnya menu tata letak editor (yang menyediakan beberapa layout alternatif untuk jendela editor, dan memungkinkan Anda untuk menyimpan hasil layout buatan Anda sendiri).
Toolbar bukan jendela, dan merupakan satu-satunya bagian dari antarmuka Unity Editor yang tidak dapat Anda atur ulang.
Cari tahu lebih lanjut tentang Toolbar.
![]() | --------------- | ![]() |